Tugas & Fungsi

Tugas dan Tanggung Jawab SPI Universitas Jambi

Tugas dan Tanggung Jawab SPI adalah:

  1. Melaksanakan dan melaporkan hasil analisis, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian terhadap kegiatan unit kerja Universitas Jambi.
  2. Melaksanakan dan melaporkan hasil analisis, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian terhadap pengelolaan keuangan, sumber daya manusia, sarana-prasarana dan aset fisik/non fisik, pengadaan barang dan jasa, operasional, teknologi informasi dan komunikasi dan objek lain atas arahan Rektor.
  3. Melakukan dan melaporkan hasil analisis, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian terhadap kesesuaian dan ketaatan Universitas Jambi terhadap peraturan yang berlaku.
  4. Melaksanakan dan melaporkan hasil analisis, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian terhadap efisiensi dan efektivitas sistem, prosedur dan rencana dan implementasi kegiatan-kegiatan.
  5. Melaksanakan dan melaporkan hasil monitoring dan evaluasi atas hasil-hasil analisis dan temuan audit, pengawasan dan pemeriksaan.
  6. Memberikan saran-saran perbaikan terhadap kebijakan pimpinan, perencanaan dan implementasi kegiatan Universitas Jambi.
  7. Melaksanakan tugas khusus dalam lingkup sistem pengendalian internal yang ditugaskan oleh Rektor.

Wewenang SPI Universitas Jambi

SPI mempunyai kewenangan sebagai berikut:

  1. Membantu Rektor dalam melaksanakan pengawasan internal.
  2. Melakukan analisis, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian terhadap pelaksanaan tugas dan tanggungjawab unit kerja.
  3. Merencanakan dan menentukan prosedur dan ruang lingkup pelaksanaan pengawasan.
  4. Memiliki akses luas dan tidak terbatas atas seluruh data, informasi dan objek-objek analisis, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian termasuk dokumen, pencatatan, sumber daya manusia dan fisik unit kerja di universitas.
  5. Melakukan verifikasi, uji validitas dan reliabilitas terhadap data dan informasi yang diperolehnya.
  6. Mempertanggungjawabkan hasil temuan-temuan yang dianalisis, diawasi, diperiksa, diuji dan dinilai kepada Rektor.
  7. Bermitra dengan senat dan badan/instansi terkait dalam melaksanakan tugas.

Fungsi SPI Universitas Jambi

Sesuai dengan Permendiknas no 47 tahun 2011, SPI adalah unit internal yang bersifat independen dan berfungsi untuk:

  1. Membantu Rektor dalam melakukan pengawasan (yang meliputi kegiatan pemeriksaan, pengendalian, penilaian, penyajian, evaluasi, saran perbaikan) terhadap kebijakan dan program kerja Universitas Jambi, dan memberi konsultasi kepada unit-unit kerja supaya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundangan.
  2. Melakukan analisis dan evaluasi internal atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan/pelaksanaan program kerja Universitas Jambi dan memberikan saran-saran perbaikan.
  3. Memberikan masukan kepada Rektor atas kebijakan internal dan eksternal yang meliputi kebijakan pengelolaan keuangan, kepegawaian, sarana-prasarana dan aset fisik dan non fisik, pengembangan, pengadaan/perbelanjaan barang dan jasa,
    operasional, teknologi informasi dan komunikasi dan kebijakan lain atas arahan Rektor.
  4. Membantu rektor dalam melakukan pemantauan dan pengkoordinasian tindak lanjut hasil periksaan internal dan eksternal.
  5. Melakukan reviu atas rencana anggaran, laporan keuangan, laporan kinerja, pemberian saran dan rekomendasi, serta pendampingan sumber daya manusia, pengembangan, sarana-prasarana dan aset fisik dan non fisik, pengadaan/perbelanjaan barang dan jasa, operasional, teknologi informasi dan komunikasi dan objek lain atas arahan Rektor.
  6. Membantu Rektor dalam kebijakan pengendalian unit-unit kerja menuju pencapaian good university governance.